Rabu, 02 Januari 2013

Bahasa Indonesia 1 - Reportase Jalan-Jalan



REPORTASE JALAN-JALAN SKI TAJUR BOGOR
BAHASA INDONESIA




Disusun Oleh :


Nama  : Isma Maulani
          NPM   : 1A112063
 Kelas   : 3KA06



Jurusan Sistem Informasi
Universitas Gunadarma
Depok 2012



Belanja & Berwisata di
SKI Tajur Katulampa Bogor

Bogor, kota hujan dengan segala pesona didalamnya. Beberapa objek wisata di Bogor selalu menjadi incaran utama ketika musim libur tiba, Puncak, Kebun Raya Bogor, Cipanas, dan yang tidak ketinggalan Tajur. Tajur terkenal dengan aneka ragam kerajinan tas, daerah yang  terdapat di kota Bogor ini seringkali dikunjungi wisatawan dari berbagai kota hanya untuk berburu tas. Di sepanjang jalan Tajur berjajar toko-toko yang menjual tas, sepatu dan juga pakaian. Namun jika ingin berbelanja sambil berwisata, tidak ada salahnya mengunjungi SKI di wilayah Katulampa.

SKI sebenarnya merupakan one stop recreation center yang diciptakan oleh PT. Sumber Karya Indah (SKI). Perusahaan yang berawal dari industri rumahan itu, memulai bisnis dengan membuat aneka tas berharga murah. Banyak pelanggan yang kemudian langsung menuju pabriknya di belakang Jalan Raya Tajur. Para pembeli itu, langsung menuju pabrik karena ingin mendapatkan model terkini dari tas yang dibuat, memesan desain tas tertentu, dan sebagainya.

Karena usahanya makin maju, akhirnya pemilik SKI makin memperluas tanah di kawasan pabriknya, dan akhirnya menjual produknya di situ. Di areal tanah yang luasnya puluhan hektare itu, terdapat dua bangunan utama yang besar dan luas. Bangunan pertama terdiri dari dua lantai yang ditempati aneka tas produksi SKI dan di atasnya, terdapat bagian yang menjual aneka kaus.

Kemudian bangunan yang kedua, yang juga besar dan luas, terdiri dari dua lantai yakni lantai pertama berisi aneka sepatu dan lantai atas, berupa pusat jajan. Seiring dengan itu, kawasan yang disebut SKI inipun akhirnya dimaraki pedagang makanan. Segala kuliner khas Kota Bogor pun bisa ditemui di situ, dari Laksa Bogor, Soto Mi ala Bogor, Soto Bogor, Asinan Bogor, Roti Unyil, hingga beberapa kuliner bukan ala kota hujan ini, akan tetapi cukup diminati. Di antaranya adalah Nasi Liwet ala Solo yang disajikan dalam daun pisang. Selain pusat jajan dan makan, di kawasan ini juga terdapat toko kue dan roti yang langsung membuat di tempat aneka kue dan roti, serta kafe.

Tak hanya itu, kawasan rekreasi dan outbound juga ada di tempat itu. Ini sangat pas untuk mengakomodasi para orangtua yang membawa serta keluarga mereka. Saat ibu berbelanja tas, sepatu dan baju di toko SKI, anak-anak bisa berekreasi dengan aneka playground khusus anak-anak seperti seluncuran, ayunan dan sebagainya. Di SKI juga terdapat kolam ikan yang dipenuhi aneka ikan. Ada yang bisa dipilih untuk kemudian dimasak langsung di kafe, ada juga yang hanya sekadar berfungsi sebagai tontonan. Anak-anak pun dapat memberi makan ikan dengan makanan khusus yang dijual sebungkus Rp 1.000. Beberapa hewan lainnya pun ada di situ, seperti kura-kura, dan rusa.

Sedangkan untuk arena outbound, terdapat flying fox, mobil off-road, balon air, rumah balon dan sebagainya. Di akhir pekan, kawasan ini bukan main ramai dan penuhnya. Jalan sempit menuju toko SKI, yang dipenuhi aneka pohon buah yang berbuah seperti durian, jambu bol, rambutan, mangga dan lainnya, padat oleh kendaraan. Akan tetapi, tempat ini menjadi begitu ramai karena orang bisa berwisata belanja serta kuliner, sekaligus berekreasi outbound. Saat penuh itulah, SKI jadi terlihat agak kumuh. Banyaknya orang yang berekreasi tak sepadan dengan jumlah petugas kebersihan yang tersedia. Sayang memang. Apalagi mengingat SKI ini merupakan alternatif rekreasi yang relatif dekat, dan terjangkau oleh semua kalangan.

Keunggulan dari tempat wisata ini adalah bebas biaya masuk alias gratis tidak seperti tempat wisata lainnya yang mengenakan tarif untuk biaya masuknya. Namun jika ingin bermain-main dengan wahana yang disediakan kita tetap dikenakan biaya untuk mencobanya seperti flying fox (Rp 20.000), bungee trampoline (Rp 20.000), bola air (Rp 20.000/1 org, 30.000/2 org), perahu paddler (Rp 10.000 / perahu), istana balon (Rp 20.000), buggy kart (Rp 30.000/1 org, Rp 50.000/2 0rg) (2010).

Tempat wisata yang terletak di Jl. Raya Katulampa No. 6 – Bogor ini cukup mudah dicapai dari Jakarta, dari tol Jagorawi, keluar di pintu tol Bogor, sampai di lampu merah, ambil ke arah kiri. Ikuti jalan sampai melihat papan petunjuk jalan di sebelah kiri (di dekatnya ada gedung Bale Binarum), ikuti papan petunjuk di sepanjang jalan sampai ke lokasi. Akses mudah, terjangkau dan lengkap.
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar